Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 19 September 2012



Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bias dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.
a.   Fungsi
Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor,
Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.

b.   Troubleshooting
Seringkali terjadi masalah motherboard yang disebabkan oleh komponen hardware yang dipasang pada motherboard atau kerusakan pada chipset yang digunakan pada motherboard atau peralatan I/O-nya.
Komputer tidak bisa menyala atau sering disebut dengan istilah “motherboard blank” saat tombol ON pada casing sudah ditekan tanpa mengeluarkan suara apapun. Biasanya, hal ini terjadi karena :
1)      Power supply yang rusak atau kabel power supply pada motherboard diletakkan secara tidak tepat atau longgar
2)      BIOS rusak
3)      Kesalahan CPU clock akibat overclock pada computer
4)      Prosesor yang dipasang sudah rusak atau tidak cocok dengan soket motherboard yang dipakai
5)      Kipas pada prosesor mati
6)      Kerusakan pada chipset yang ada di motherboard

c.    Komponen-komponen

1.       Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja.
2.       Slot Memori. Slot ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda, tergantung sistem yang digunakannya.
3.       Northbridge, merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.
4.       Southbridge, sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.
5.       Slot PCI Express x16, merupakan slot khusus yang bisa dipasangi kartu VGA generasi terbaru.
6.       Slot PCI Express x1, merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA.
7.       Slot AGP, merupakan slot khusus untuk memasang kartu VGA generasi sebelum adanya slot PCI Express.
8.       Slot PCI, merupakan slot umum yang biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.
9.       BIOS (Basic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.
10.   Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.
11.   Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.
12.   Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.
13.   Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.
14.   Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.
15.   Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC adalah:
16.   Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.
17.   Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.
18.   Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
19.   Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.
20.   Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.
21.   Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.
22.   Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
23.   Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.
24.   Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.
Tipe-Tipe Motherboard
 Jenis motherboard yang Anda pilih untuk sebuah komputer adalah salah satu aspek yang paling penting dari dalamperancangan sebuah komputer. Bagi Kebanyakan orang  membeli komputer secara utuh (build up) tidak penting  mengetahui tipe tipe moteherboar komputer yang mereka beli. Karena perusahaan komputer telah menyesuaikan mtherboard dengan beberapa komponen lainnya. Namun bagi mereka perancang atau yang suka memodifikasi komponen komputer maka sangatlah penting untuk mengetahui tipe tipe motherboard untuk mengetahui kecocokan antar komponen. Berikut  tipe tipe motherboard untuk kita ketahui.
Socket A
motherboard Socket A dirancang untuk digunakan dengan sistem CPU AMD Duron, Sempron dan Athlon. Jenis motherboard tidak cocok dengan prosesor yang menggunakan sistem Intel, dan menggunakan 453 pin dapat terhubung ke CPU. Socket A motherboard dapat mendukung kecepatan pemrosesan antara 600 MHz dan 2.333 MHz. motherboard Socket A juga memiliki batas heat sink dari 10,6 ons.
Socket 370
Motherboard socket 370 adalah jenis motherboard yang biasa digunakan oleh Intel. Motherboard ini juga dikenal dengan  soket PGA370 dan memiliki lubang 370-pin untuk mendukung koneksi CPU. Socket 370 motherboard sering digunakan bersama dengan Pentium II, III dan CPU Celeron prosesor. Heat sink batas berat untuk socket 370 motherboard adalah 6,3 ons.
Socket 478
Motherboard Soket 478 memiliki lubang pin 478 untuk koneksi CPU. Motherboard digunakan oleh Intel dengan perusahaan Pentium 4 dan Celeron prosesor. Koneksi ini memiliki batas beban berat sekitar 100 pon berat statis.
Socket LGA 775
Motherboard  Socket LGA 775 digunakan oleh Intel untuk prosesor Pentium dan Celeron. LGA 775 motherboard mampu menangani kekuatan pemrosesan lebih dari motherboard lainnya, seperti data transfer dalam kapasitas  gigabyte. Motherboard ini memiliki koneksi 775-pin untuk menghubungkannya ke CPU dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan prosesor dual atau quad, yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat.


Merek dan jenis motherboard

1. Motherboard ASUS P8P67-M Pro


Asus P8P67-M Pro Motherboard memiliki beberapa fitur yang berbeda dibandingkan dengan product sebelumnya. Asus P8P67-M Pro Motherboard menggunakan socket LGA1155. Sipport dengan intel secon generation core, core i7, core i5 atau core i3.

Memory yang digunakan sudah DDR 3 (Double Data Rate 3). Setiap socket bisa dipasang memory mulai dari 512 mb, 1 gb, 2, gb dan 4 gb. Jika menggunakan OS windows 32 bit maximum memory yang terbaca hanya 3 gb lebih. Untuk kapasitas memory lebih dari 4 gb instal OS windows 64 bit.


Asus P8P67-M Pro Motherboard sudah tidak menyediakan lagi IDE connector. Hanya menyediakan 4 sata 3 gb/s dan 3 sata 6 gb/s.

2. Motherboard DFI Hybrid HD



Hari ini DFI mengundang kami untuk markas kabupaten Taipei untuk memiliki tampilan eksklusif pada motherboard, sangat dingin yang akan datang dari perusahaan yang selalu bersedia untuk mencoba desain baru kadang-kadang radikal dengan produk-produknya.




Apa yang kita punya hari ini melihat versi pra-produksi dari motherboard P45-ION-T2A2 Hybrid. Pada awalnya, kami tidak tahu persis apa yang diharapkan, ketika DFI menelepon dan meminta kami untuk datang dan mengunjungi dan melihat "motherboard hybrid" nya. Kita tahu istilah di zaman modern dari mobil dan hal-hal yang paling hijau, tapi ketika kata itu ditambahkan sebelum motherboard, itu benar-benar membuat kita berpikir persis seperti apa yang seharusnya kita harapkan dan apa yang kita akan mendapatkan melihat pada kunjungan kami.


Ternyata DFI menciptakan desain motherboard benar-benar unik yang benar-benar memungkinkan untuk dua sistem untuk menjalankan bersama (KVM gaya) atau sepenuhnya independen satu sama lain, di papan satu pun.


Sisi kiri dari sistem ini adalah dibangun dari komponen untuk ION NVIDIA dan platform Intel Atom. Bagian ini dapat digunakan sebagai file server berdaya rendah men-download atau torrent sistem atau bahkan Blu-ray pemutaran film. Dan sisi kanan papan fitur bagian terlihat pada motherboard P45 + tradisional 775 Socket CPU, yang dapat digunakan untuk game, video editing atau aplikasi intensif lainnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © NyakOnyak ^^ //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //